Selasa, 16 Oktober 2012

Menerima Pimpinan Tuhan

Jawab Kornelius: "Empat hari yang lalu kira-kira pada waktu yang sama seperti sekarang, yaitu jam tiga petang, aku sedang berdoa di rumah. Tiba-tiba ada seorang berdiri di depanku, pakaiannya berkilau-kilauan.” (Kisah Para Rasul 10:30)

Mungkin ada di antara Anda yang bertanya-tanya bagaimana caranya supaya kita bisa menerima pimpinan dari Tuhan? Kalau kita melihat contoh-contoh yang ada di Alkitab kita bisa mengetahui orang-orang seperti apakah yang kerapkali menerima pimpinan langsung dari Tuhan. Sebagai contohnya kita bisa menyebutkan nama Abraham, Samuel, dan Daud untuk mewakili tokoh-tokoh dari Perjanjian Lama. Dari tokoh-tokoh Perjanjian Baru kita bisa belajar dari Kornelius dan Petrus. Apakah kesamaan dari tokoh-tokoh tersebut? Paling tidak kita bisa belajar tentang ketaatan dan keintiman mereka dalam hubungannya dengan Allah.

Kornelius dan Petrus menerima pimpinan dari Allah ketika mereka sedang berdoa. Ketika Kornelius sedang berdoa kira-kira jam 3 petang tiba-tiba seorang malaikat menjumpainya dan menyampaikan pesan dari Allah (ayat 30). Kornelius taat kepada Allah dan melaksanakan pesan tersebut dengan mengutus anak buahnya untuk menjemput Petrus.

Petrus juga menerima pimpinan Allah ketika dia sedang dalam suasana doa (ayat 9-19). Lalu ia pun taat melakukan apa yang Allah kehendaki meskipun dia harus melakukan sesuatu yang melanggar tradisi yang ada. Waktu itu orang-orang Yahudi dilarang bergaul dengan orang-orang bukan Yahudi.

Dari contoh kehidupan Kornelius dan Petrus kita bisa belajar bahwa untuk menerima pimpinan Tuhan paling tidak kita harus menyediakan diri kita untuk mau dipimpin Tuhan. Ini berkaitan dengan ketaatan kita dalam melakukan firman Tuhan. Orang-orang yang menyediakan dirinya untuk dipimpin Allah pasti akan menerima pimpinanNya. Lalu ada satu hal lagi yang perlu kita lakukan untuk menerima pimpinan Allah, hiduplah dalam pergaulan yang intim dengan Allah. Kita berdoa bukan cuma waktu ada masalah, tetapi berdoalah setiap waktu baik ketika ada masalah atau pun ketika segala sesuatunya berjalan dengan lancar. Kalau ini kita lakukan maka pimpinan Tuhan akan nyata dalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

 
Custom Search