Rabu, 20 Mei 2009

Unsur Iman (2)

Unsur yang kedua dari iman adalah mempercayakan diri/bergantung pada Allah sepenuhnya.
Ibrahim mempercayakan dirinya kepada Allah yang dia sembah. Ini dibuktikan ketika Allah memerintahkannya untuk pergi dari ke negeri asalnya dan menuju ke suatu tempat yang belum diketahuinya. Ia menurut saja kepada Allah sekalipun itu berarti meninggalkan zona nyaman yang selama ini sudah dimilikinya.
Kemudian ketika Allah memerintahkannya untuk mengorbankan anaknya sebagai korban bakaran, ia pun menurut begitu saja. Padahal Allah pernah berjanji padanya bahwa nanti ia akan memiliki banyak keturunan melalui anaknya itu. Kalau anaknya mati dikorbankan bagaimana dengan janji mengenai keturunan dari anaknya itu? Tetapi ia tetap mempercayakan urusan ini kepada Allah. Ia berpikir bahwa Allah sanggup membangkitkan orang yang sudah mati. Ketika ia hendak menyembelih anaknya, tiba-tiba ada malaikat mencegahnya, dan Allah kemudian menyediakan seekor domba jantan sebagai korban bakaran menggantikan anaknya.
Ibrahim bergantung penuh pada Allah yang ia sembah. Ia yakin bahwa Allah akan memenuhi janji-janji yang sudah diucapkanNya.

Tidak ada komentar:

 
Custom Search